Faktor Risiko Data Center

Faktor Risiko Data Center

Ada banyak faktor risiko yang dapat mempengaruhi operasional sebuah data center. Faktor-faktor risiko tersebut dapat disebabkan oleh faktor alam, faktor manusia, maupun faktor jaringan.

Dalam membangun dan mengoperasikan data center, faktor-faktor risiko tersebut harus dianalisa dan dibuatkan rencana mitigasinya.

Faktor-faktor risiko tersebut diantaranya:

Faktor Alam

Suhu Panas

Panas merupakan musuh semua perangkat elektronik, termasuk perangkat server, perangkat jaringan, perangkat penyimpanan data, dan lain sebagainya. Suhu panas dapat merusak dan memperpendek usia pakai perangkat elektronik.

Oleh karena itu, suhu panas harus dimitigasi dengan menggunakan solusi pendinginan yang memadai.

Banjir

Banjir merupakan faktor risiko yang harus mendapatkan perhatian, khususnya di Indonesia. Banjir dapat merusak dan mengotori ruang server atau data center. Banjir harus dimitigasi dengan baik agar operasional data center tidak terganggu.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memitigasi banjir diantaranya:

  • Membangun sistem pembuangan air lengkap dengan pompa air.
  • Meninggikan ruang server lebih tinggi beberapa meter dari permukaan tanah & permukaan air laut.

Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan faktor risiko yang cukup tinggi bagi operasional data center dan sulit diprediksi. Gempa bumi dapat melumpuhkan data center dengan merusak struktur bangunan, memutuskan jaringan kabel listrik dan data, dan menghancurkan isinya. Mitigasi yang bisa dilakukan untuk faktor risiko gempa bumi diantaranya:

  • Pertimbangkan untuk membangun data center di daerah tanpa riwayat gempa bumi selama 10 tahun terakhir.
  • Rencanakan bangunan yang kuat dan tahan gempa bumi.
  • Gunakan peralatan yang tahan getaran. Beberapa merek rack mampu menahan getaran.

Petir

Sambaran petir yang tidak dikendalikan akan merusak dan bahkan membakar peralatan di dalam data center. Sambaran petir juga dapat membahayakan nyawa sumber daya manusia di dalam data center. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memitigasi risiko sambaran petir:

  • Gunakan arrester yang tersertifikasi
  • Lakukan grounding penangkal petir dengan engineer yang tersertifikasi

Faktor Manusia

Vandalisme

Vandalisme pada data center merupakan faktor risiko yang relatif mudah dikendalikan, namun tidak bisa dianggap remeh juga. Vandalisme akan cenderung mudah terjadi di tempat-tempat yang minim penjagaan dan minim prosedur akses.

Untuk mencegah vandalisme diperlukan personil keamanan dan perangkat keamanan seperti CCTV, access door/gate, anti-tailgating door/gate, dan alarm system yang memadai.

Human Error

Namanya manusia kadang ada luputnya. Human error juga merupakan faktor risiko yang tidak bisa dianggap remeh. Apalagi personil-personil operasional data center juga manusia.

Untuk mencegah dan meminimalisir human error, perlu dibuatkan SOP yang ketat dengan pengawasan yang ketat pula.

Sabotase & Terorisme

Sabotase & Terorisme bisa dianggap sebagai gabungan dari human error yang disengaja dan vandalisme. Untuk mengatasi sabotase perlu adanya SOP yang ketat dan perlu dilakukan mekanisme pengawasan yang ketat pula, dengan menerapkan prosedur-prosedur keamanan yang memadai.

Faktor Teknis

Faktor risiko teknis dalam operasional data center dapat berupa berbagai macam bentuk. Diantaranya misalnya network saturation, virus, hacker. Faktor-faktor risiko teknis ini bisa diatasi dengan menerapkan standar keamanan pada perangkat-perangkat jaringan & server, serta memaksimalkan SDM cyber security specialist.