Mencicipi Windows 10 Technical Preview

Windows-10-Technical-Preview-1024x575Windows 10 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang versi Technical Preview-nya baru saja dibuka untuk umum tanggal 1 Oktober 2014 kemarin. Dengan sistem operasi terbaru ini, Microsoft disebut-sebut ingin menjembatani seluruh perangkat (PC, laptop, tablet, dan smartphone) menjadi satu sistem operasi, satu platform, dan satu ekosistem developer.

Start Menu

Saya baru sempat mencoba Windows 10 Technical Preview dua hari setelah hari peluncurannya. Kesan pertama kami mencobanya adalah tentang Start Menu-nya.

Setelah melalui proses booting, kita akan langsung disuguhi pemandangan desktop yang familiar: taskbar dengan tombol start di bawah, dan Recycle Bin di pojok kiri atas.

Pada Windows 10 Technical Preview, ketika tombol Start diklik, yang muncul adalah Start Menu seperti pada Windows Classic hingga Windows 7. Bukan Start Screen seperti pada Windows 8 dan Windows 8.1. Hal ini tentunya akan menjadi kabar baik bagi pengguna yang sejak lama terbiasa dengan Start Menu daripada Start Screen. Walaupun hal ini juga membuat Microsoft terkesan plin-plan.

Start Menu yang muncul di Windows 10 Technical Preview ini tampak seperti gabungan antara Start Menu versi Windows 7 dan Start Screen versi Windows 8.1. Jika Anda lebih familiar dengan start menu lawas, Anda dapat memilikinya. Dan Anda juga dapat memanfaatkan Live Tile di sebelahnya untuk menampilkan informasi-informasi yang berguna, seperti: status inbox (email), agenda (kalender), cuaca, update jejaring sosial, dan lain sebagainya.

start_menu_windows_10

Window

Kesan kedua saat kami mencobanya adalah pada Window-nya. Ketika kita membuka sebuah window, ada visual effect baru yang mengiringi terbukanya window tersebut. Bagi kami, itu adalah pemandangan yang baru & fresh. Selain itu, window juga terkesan sleek dengan tidak adanya border di sisi-sisinya.

Pemandangan baru lagi yang dapat kita jumpai adalah shadow yang terkesan dalam di belakang active window.

window

Virtual Desktop

Saat bekerja dengan Windows 10, Anda dapat meningkatkan produktivitas dengan memanfaatkan Virtual Desktop. Dengan virtual desktop, Anda dapat memiliki beberapa workspaces untuk menghindari sesaknya desktop karena banyaknya aplikasi yang Anda buka. Klik tombol [Task View], dan Anda dapat melihat sekilas aplikasi apa saja yang terbuka, dan Anda dapat membuat beberapa virtual desktop workspace. Anda dapat mengklik [CTRL]+[Windows] untuk berpindah antar desktop.

 

virtual_desktop

Modern Apps Tidak Lagi Full Screen

 

modern_apps

Dan…

Pada akhirnya, satu sistem operasi bagi banyak platform -PC, notebook, tablet, hingga smartphone- memang masih sebatas teori. Kemampuan seperti itu masih belum ditunjukkan oleh Microsoft pada versi Technical Preview ini. Selain itu, masih banyak PR bagi Microsoft untuk memperbaiki Windows 10 yang masih pada tahap Technical Preview ini.

Jika Anda ingin mencoba Windows 10 versi Technical Preview ini, Anda dapat mengunduhnya di http://windows.microsoft.com/en-us/windows/preview-iso

Ini adalah tulisan saya tentang Windows 10 untuk blog Harrisma Wisesajaya.
  • @mastergun

    Trimakasih mz sdh bantuin aku nginstal win. 10 🙂

    • Oqyk

      Ini oqyk 🙂