Google Public DNS: Kecepatan dan Privasi Berinternet

Google Public DNS adalah salah satu produk terbaru Google yang diumumkan secara resmi pada hari Kamis, 3 Desember 2009 melalui blog resmi Google. Layanan Google Public DNS menawarkan cara alternatif untuk menjelajahi dunia maya dengan jaminan kecepatan dan jaminan privasi yang bisa diandalkan.

Banyak orang yang mempertanyakan tentang privasi seseorang ketika mengakses situs google, tentang bagaimana search engine terbesar ini mengumpulkan data orang, dan apakah data itu akan digunakan untuk tindakan kejahatan? maka dengan google Public DNS akan menjawab semuanya.

DNS yang merupakan bagian istilah dari nama domain merupakan suatu pengarah bagi perselancar website ketika mengetikkan alamat URL-nya melalui web browser.

Ketika kita mengetikan “afiful.blogspot.com” maka sistem DNS akan mengarahkan kita ke server “blogspot.com”, dan segala data yang tersedia dari server tersebut akan diberikan kepada kita dalam web browser.

Google Public DNS untuk Kecepatan Akses Internet

Saat ini sebuah halaman web bisa jadi lebih kompleks. Ketika client membuka satu halaman web yang agak kompleks, bisa jadi client tersebut harus melakukan beberapa pencarian DNS hanya untuk membuka satu halaman saja. Rata-rata pengguna internet melakukan ratusan pencarian DNS setiap harinya. Dan itu tentunya akan memperlambat pengalaman browsing kita dan sangat membebani infrastruktur DNS yang ada.

Karena mesin pencari Google telah melakukan penjelajahan web setiap hari dan melakukan proses caching informasi DNS, maka layanan ini tepat untuk mempercepat pengalaman berinternet kita. Karena untuk membuka satu halaman saja, kita dapat mengandalkan hanya satu DNS server untuk melayani pencarian-pencarian DNS, sehingga mengurangi waktu pencarian dan mempercepat penampilan sebuah halaman.

Beberapa kelebihan menggunakan Google Public DNS:

  • Speed up your browsing experience.
  • Improve your security.
  • Get the results you expect with absolutely no redirection.

Google Public DNS dan Privasi

Hal apa sebenarnya yang dilakukan oleh google ketika merekam segala kegiatan yang kita lakukan dengan layanan Google Public DNS?

  • Alamat IP kita memang direkam, namun Google sendiri telah mengklaim bahwa data kita tidak pernah disimpan lebih dari 24-48 jam, dan data itu sendiri dikumpulkan dengan alasan semata-mata hanya untuk tujuan identifikasi masalah-masalah teknis dan membantu melindungi kita dari berbagai serangan yang mungkin berdampak negatif.
  • Google menjamin data identitas pribadi kita, dan Google menjamin bahwa data privasi tentang diri kita tidak pernah akan dikumpulkan.
  • Alamat tempat tinggal kita akan disimpan untuk tujuan debugging, dan meningkatkan pengalaman Google Public DNS. sebagian besar informasi itu dibutuhkan selama lebih kurang 2 minggu, dan informasi lain dari sesi ini dijanjikan tidak akan dikumpulkan oleh pihak Google.
  • Situs yang kita akses memang akan disimpan. Tapi Google tidak akan mengidentifikasi data dan tentang diri kita.
  • Secara umum Google Public DNS juga menerapkan kebicakan privasi publik, dan hal tersebut kita bisa baca selengkapnya melalui layanan kebijakan publik google.

Untuk lebih lengkapnya, kita bisa melihat dokumentasi dari Google Public DNS.