9 Pertanyaan Mendasar yang Diajukan oleh Desainer Web kepada Kliennya

Hal yang paling sulit bagi seorang web designer adalah merepresentasikan apa yang diinginkan oleh kliennya sendiri, terkadang klien merasa tidak puas terhadap hasil kerja web designer tersebut. Kadang malah klien meminta lebih dimana melebihi dari kemampuan seorang web designer itu sendiri. Untuk itu ada baiknya sebelum seorang web designer itu mengerjakan proyek dari kliennya, alangkah baiknya terlebih dahulu ditanyakan beberapa hal mendasar di bawah ini kepada klien Anda :

  • Apa yang Anda inginkan dari web Anda? Sebagai seorang web designer, Anda harus mengetahui dengan pasti apa yang diinginkan oleh klien Anda terhadapnya webnya, misalnya apakah klien Anda ingin menjadikan webnya sebagai company profile, jejaring sosial, toko online, portofolio atau sekedar blog saja.
  • Apa saja target audience Anda?Dalam mendesain web, Anda juga harus mengetahui target audience dari klien Anda, misalnya dari segmen usia, Anda tidak mungkin menggunakan warna-warna cerah dan banyak animasi jika web itu ditujukan untuk 30 tahun keatas.
  • Fitur apa sajakah yang nantinya ingin Anda pasang di web Anda? Sebelum datang ke Anda tentunya klien Anda telah memiliki bayangan terhadap web yang akan dibuat mengenai fitur-fiturnya, namun ada juga klien yang belum memiliki bayangan mengenai fitur-fitur yang melengkapi webnya. Tentu Anda juga mampu memberikan bayangan terhadap klien Anda.
  • Bisakah Anda tunjukkan kepada kami web kompetitor Anda? Anda juga dapat meminta klien Anda menunjukkan web kompetitornya, tentunya klien Anda menginginkan webnya lebih baik daripada kompetitornya bukan?
  • Apa saja website favorit Anda? Mengapa? Jangan lupa Anda juga wajib menanyakan, web apakah yang menjadi favorit klien Anda disertai alasannya. Dengan hal itu Anda dapat mengetahui apa saja yang disukai dan tidak disukai klien Anda. Misalnya ada klien yang lebih memprioritaskan warna daripada tingkat kesulitan  menggunakan web tersebut begitu juga sebaliknya.
  • Apakah Anda mengerti proses desain web? Hal ini perlu ditanyakan kepada klien Anda, agar klien Anda mengerti bagaimana web tersebut dibuat berdasarkan kreatifitas bukan sekedar rumus biasa. Jadi Anda harus meyakinkan klien terhadap daya imajinasi Anda.
  • Kapan deadline-nya dan berapa budget-nya? Pertanyaan ini cukup penting, Anda harus mengetahui berapa budget yang dimiliki klien Anda dan berapa lama tenggat waktu yang diberikan kepada Anda. Tentunya Anda memiliki standar terhadap hal ini bukan?
  • Apa saja daftar kontak yang Anda miliki? Daftar kontak klien merupakan hal yang cukup penting dalam web nantinya, jadi sebisa mungkin dapatkan kontak klien Anda mulai dari alamat, IM, email, FacebookTwitter dan lain-lain sehingga nantinya klien tersebut semakin mudah dihubungi oleh audiencenya.
  • Dapatkah kami mencantumkan logo atau nama kami? Pertanyaan ini tidak begitu penting, namun ada baiknya juga ditanyakan. Kedepannya nantinya akan bermanfaat buat Anda bukan? Jika sewaktu-waktu ada klien baru yang tertarik dengan web buatan Anda.