Storage Unit

Storage unit adalah suatu tempat penyimpanan atau penampungan data seperti Electronic Filling Cabinet yg ada dalam sistem komputer. Letak storage dalam komputer dapat ditempatkan dalam satu unit dengan CPU atau dalam unit terpisah.

Storage unit umumnya diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yaitu internal storage, auxiliary storage, external storage.

  • Internal Storage

    Biasanya disebut sebagai main atau primary storage. Dilihat dari perkembangan komputer, maka primary storage komputer pertama (ENIAC Computer) menggunakan vacuum tube storage. Dan sejak tahun 1950-an hingga saat ini telah dikembangkan berbagai macam storage. Diantaranya Magnetic Core Storage, Plannar thin film storage, Plated-Wire storage, Semiconductor storage, dll.

    Main atau primary storage menerima data dari suatu input unit dan meneruskan ke Arithmatic Logical Unit (ALU) melalui Control Section. Kemudian hasil pengolahan ALU ditampung kembali oleh primary storage dan selanjutnya akan dikirimkan ke output unit. Hal ini dilaksanakan oleh primary storage terhadap suatu bagian data (tidak semuanya), yaitu data demi data yang diolah. Dengn demikian, suatu primary storage hanyalah suatu tempat penampungan sementara atau hanya diperlukan pada waktu pengolahan sedang berlangsung. Pada suatu prosedur untuk operasi komputer, data yg akan diolah oleh main storage dimasukkan melalui input unit sebagai suatu auxiliary storage atau external storage device, dan hasil pengolahannya disimpan kembali ke suatu auxiliary storage atau external storage device.

    • Auxiliary Storage

      Adalah storage pembantu main storage yg biasanya dapat menampung data dalam jumlah yang besar. Biasanya, aux storage berada di luar unit inti atau CPU. Berdasarkan media yg digunakan, maka penempatan serta pencarian kembali data dalam media tersebut dapat dikategorikan dalam beberapa tipe, antara lain :

      -sequential organization / access

      -random / direct access

      Namun perlu dicatat bahwa aux storage merupakan tambahan storage untuk main storage yg berada di luar unit CPU.

  • External Storage

    External storage sebenarnya sama dengan auxiliary storage yg berfungsi untuk menampung data yg banyak, namun bukan bagian yang integral dari sistem komputer. Dalam hal ini, data yg berada pada external storage tidak langsung dikontrol oleh komputer, meskipun datanya berasal dari main storage. Dengan pengertian bahwa data yang berada di external storage adalah data yang belum dan sudah diolah oleh komputer.

    Sumber : PENGENALAN KOMPUTER oleh Drs. John J Longkutoy, Cetakan ke-8 1991