IPTV – The Next Generation TV

Sekarang, cuma berbekal koneksi telepon rumah aja sudah bisa bertelepon, internetan, smbil liat TV cable. Inilah yang dinamakan Triple Play, dimana dengan menggunakan satu saluran telepon, kita bisa menggunakannya untuk melakukan panggilan telepon (baik konvensional maupun VoIP), broadband internet dan juga menyaksikan siaran TV dari seluruh dunia secara bersamaan.

IPTV adalah konsep siaran TV digital yang disalurkan dengan menggunakan protokol internet (IP) yang mempunyai frekuensi berbeda dengan voice. Sehingga voice (telepon), siaran IPTV dan broadband internet bisa disatukan dalam satu saluran telepon rumah dan dapat dinikmati secara bersamaan.

Frekuensi saluran telepon rumah dibagi menjadi dua dengan menggunakan splitter yang diinstalasikan di rumah pelanggan. Yang satu masuk ke telepon, yang satunya lagi masuk ke modem ADSL. Dari modem ADSL diteruskan ke network switch untuk dibagi lagi ke komputer dan Set Top Box (untuk modem ADSL yg built-in network switch, maka dapat langsung dibagi ke komputer dan STB). Nah, dari STB kemudian diteruskan ke TV. Sedangkan yang terhubung ke komputer dapat digunakan untuk akses internet.

Jadi, untuk menikmati siaran TV internasional berkualitas, nggak perlu pake parabola. Cukup dengan menggunakan saluran telepon rumah, modem ADSL (yang biasanya digunakan untuk broadband connection seperti Speedy), switch (atau modem ADSL yang include switch) dan STB (Set Top Box), dan mendaftar untuk berlangganan tentunya.


Sumber : Wikipedia Indonesia dan PT. Telkom Divre V Surabaya